RSS
Welcome to My blog!All what I can say is thank you and Enjoy it!

SEJARAH PUNK SKINHEADS

PUNK SKINHEADS



Saat ini di keseharian pasti sering menyaksikan sekelompok anak-anak muda di jalanan yang mempunyai penampilan “di luar kebiasaan”. Potongan rambut ”njegrak” dengan warna mencolok, kaus hitam dan jeans ketat yang lusuh, hampir seluruh tubuhnya dipenuhi aksesoris dan sepatu boots.
Kadang banyak di antara masyarakat yang mencemooh kebaradaan mereka, yang memang seringkali berbuat di luar kewajaran menurut pikiran orang 'biasa'. Mereka seringkali terlibat tawuran yang mematikan dan hal-hal ”nyleneh”. Mereka menyebut diri sebagai anak punk. Adakah keluarga atau anak-anak Anda sendiri yang menjadi bagian dari mereka?
Tak kenal maka tak sayang, mungkin itulah hal perlu dilakukan saat ini. Mengenal mereka dan mau tahu sedikit tentang siapa mereka. Setelah itu adalah hak Anda untuk bersikap bijak atas keberadaannya.
Sejarah Munculnya Punk Skinheads
Skinheads muncul di Inggris pada pertengahan sampai akhir tahun 60-an. Mereka lahir dari anak-anak muda kelas pekerja yang memiliki sebuah budaya kasar dan brutal. Mereka memotong rambut menjadi cepak atau bahkan botak dan menentukan fashion khas yang menurut mereka dianggap efisien dan cocok ketika mereka tawuran di jalanan.
Akhirnya mereka menamakan diri dengan skinheads yang kemudian berseberangan dengan kelompok anak muda yang berpenampilan rapi (disebut Mods).
Skinheads seringkali muncul di lapangan sepak bola dan mensupport tim kebanggaan mereka. Support dan kebanggaan yang fanatik inilah yang memicu pertikaian dengan suporter pihak lawan. Skinheads tak lain adalah hooligan (bonek) beringas Inggris dan mereka yang mengawali ”legenda kerusuhan sepak bola”.
Kegiatan malam hari Skinheads adalah nongkrong di klab-klab kecil daerah East End London dengan pakaian terbaik mereka. Berdansa dengan musik yang dibawa oleh imigran Jamaika, mulai dari ska, soul, bluebeat, blues Jamaika dan juga rocksteady. Mereka mabuk dan bercanda dengan sesamanya serta imigran Jamaika.
Mereka ini seringkali disebut sebagai Rudies (Rude Boy/Girl). Penggunaan kata rude di Jamaika berarti liar, kejam dan tidak peduli akan segala akibatnya. Setelah hampir 40 tahun dengan segala perkembangannya, kelompok ini sudah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia sejak era 80-90an.

Idealisme dan Jalan Hidup Punk Skinheads
Do It Yourself itulah prinsip kelompok ini. Kandungan kalimat itu adalah paham Anarki, karena menurut mereka anarki adalah suatu paham ideal yang hampir semuanya terkait tentang pemberontakan menuju persamaan (derajat, jenis kelamin), kemanusiaan, feminisme yang menghormati segala bentuk kehidupan ini.
Punk adalah kelompok yang menentang multi-nasionalisme dimana orang suka mengeksploitasi sesuatu, polusi dan penderitaan sesamanya. Punk berfikir sebagai gerakan perubahan sosial yang berjuang hanya untuk kehidupan yang merdeka, selaras dan untuk sebuah alternatif gaya hidup, merdeka, tanpa negara, tanpa bendera, tanpa panji-panji dan tanpa batas.
Mereka menyatakan diri sebagai kemarahan yang lahir dari kehidupan sekitar yang penuh pandangan seksisme (pengistimewaan /pelecehan terhadap jenis kelamin tertentu), rasialisme, penindasan, kelaparan, penderitaan, kapitalisme dan perusakan lingkungan hidup yang tidak pernah dibicarakan oleh media dan orang-orang kebanyakan.
Punk Skinheads juga menyatakan diri sebagai gaya hidup, memperjuangkan idealisme yang mereka yakini, mencari pelarian, menikmati alkohol dan musik yang fun.
Perlu diperhatikan adalah landasan perilaku kelompok ini, yaitu:
  • Rebeis with a Cause (skinheads identik dengan violence, fight dan pemberontakan)
  • Bovver / Aggro (skins identik dengan ”jika kata-kata tidak bisa menyelesaikan maka kepalan tangan dan boot yang bicara”)
  • Get a Life (skins harus berkeyakinan kuat, optimis pada yang dilakukan dan inginkan, berjuang untuk bertahan hidup dan dinamis)
  • Crucilied Skins (tindakan mentato tubuh dengan lambang crucilied skins sebagai tanda keberhasilan menjadi skinheads selama 3-5 tahun dan telah berjuang mati-matian menghadapi hidup yang banyak tantangan, serangan dan cemoohan)
Rudies mendukung sejarah, cita-cita, penampilan dan nilai-nilai kultur asli skinheads serta menyesuaikan dengan lingkungan kebudayaan dan nasionalisme negara tempat mereka berada.
Skinheads is all about pride for your country, pride for your town and pride for yourself. Skinheads is all about have a fight, listening to good music, going to football matches, drinking and have some fun and laugh.
Demikian sedikit pengetahuan tentang siapa sekelompok anak muda nyentrik yang seringkali di jumpai. Itu jalan hidup yang mereka pilih dengan idealisme yang digenggam kuat

www.anneahira.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.